Selasa, 05 Juli 2011

[Tutorial] penggunaan HDRI dan matahari cadangan. wekkeke [vray 1.48.xx for sketchup]



Siang gan, jumpa lagi dengan saya, Yogie Supernova, ini tutor aku buatkan untuk orang orang yang tersesat dan ingin kembali ke jalan yang benar ( lah ?)

ah...ngelantur,

ya udah cekidot,



HDRI itu apa sih om ?
HDRi singkatan dari Hi Dynamics Range image; format gambar yang bisa nyimpan beda kontras & brightness yang lebih banyak daripada format LDRi / Low Dynamic Range image.

Contoh LDR : JPG, PNG
Contoh HDR : HDR, EXR, TIFF

karena informasi pencahayaan nya lebih banyak, format ini cocok untuk dipakai sebagai environment map / pengganti GI [ global illumination ] saat kira me render suatu model.

HDRi umumnya berbentuk spherical [ bola ] atau hemispherical [ setengah bola ]. Diambil dengan teknik memutar kamera dengan tripod khusus, lalu disatukan dengan software tertentu.

PENGGUNAANNYA OM ?

Hdri tidak digunakan secara langsung di sketchup, tapi di program render. Dengan menggunakan HDRi di environment mapping, kita mendapat sumber cahaya yang realistis, bayangan di kaca yg bagus & background yg bagus. Kesulitan nya biasanya saat mencocokan background dengan objek yang kita render.

SEmentara penjelasan ttg HDRi nya segitu dulu gan hehe.

penjelasan di ambil dari postingan bang iwan wijaya di MABESnya sketchup di kaskus. wkekekek


setingan vray 1.49.01 for sketchup



nah, buka vray option, lalu pilih di bagian environmen. 
defaultnya sih bagian GI dan BG sudah aktif, tapi masih berupa texsky atau langit, nah, saatnya mengganti tipe maping pada GI  dan BG. 
penjelasan singkat:
1. tab aktifasi , untuk ngengaktifkan atau menonaktifkan setingan
2. tab intensitas , untuk mengatur terang gelapnya cahaya yang dihasilkan GI dan BG. 
3. bagian mapping, pengaturan GI dan BG.

tips:  jenis cahaya HDRI ada bermacam macam, ada yang terang dan gelap, jadi jangan buat satu patokan ukuran intensitas, gunakan cara trial error, karna ngak semua HDRI itu terangnya pas.  ada yang intensitasnya 100 baru bisa terang, ada yang 30 udah overbright, jadi coba di ulik ulik saja, dan kalo sudah ketemu buat saja catatannya di selembar kertas atau apalah.....wekkekek

setelah mengklik M pada GI , akan muncul popup lagi,
nah, ganti tipe maping pada nomer 1 menjadi texbitmap, karna pada dasarnya HDRI itu berupa gambar,

lalu ganti uvw type menjadi uvwgenenvironment.

nah, ini nih, liat nomer 3,  masalah utama penggunaan HDRI  adalah koordinat yang sering ngak pas pada model,  jadi ane saranin, ente buka dulu itu HDRI  di photoshop, trus kira2 aja koordinat yang pas ( dari 0 sampe 360 derajat ) contoh di atas ane pake 300 derajat

di nomer 4 itu tab tipe HDR , seperti yang dijelasin di atas tadi , ada beberapa macam HDRI, yang bola, yang doom, yang kotak, nah, agan pilih sesuai dengan HDRI yang mau juragan pake. contoh atas ane pake sperical atau bola

nomer 5 ngak kalah penting, isi file HDR yang agan punya, setingan ngak bakalan aktif kalo ngak kepasang
file HDRI nya...
SETINGAN DI ATAS BERLAKU PADA GI DAN BG, JADI BUAT SAMA PERSIS ANTARA GI DAN BG ATAU HASILNYA TIDAK PAS.

 

kalo udah di render jadinya yah kayak yang di atas ,
TAPI....
ada tapinya gan, kalo ente pake setingan HDRI pada bagian BG dan GI , hasilnya matahari jadi ilang dan bayangan ngak ada. ( liat gambar orang2 yang lagi jalan di atas, KAGAK ADA BAYANGANNYA GAN...

nah, ini dia triknya biar si MATAHARI muncul lagi,


 pada bagian global switces, agan centang default lightnya,
 di bagian camera, centang exposure dan vignet nya .
 lalu centang bagian reflek, dan klik m.
 muncullah pop up seperti ganmab di atas,  pilih tipe mapingnya texsky ,  pilih file sunlight,  setingan selebihnya terserah agan, karna ane biasanya lebih suka yang default.  ho ho ho

abis ente seting refleknya gan, ente matikan lagi, unchek refleknya biar ngak overbright dan yang penting matahari udah ketanam ke setingan langitnya.
hmmmm...

lalu sarat pada model, harus ada alasnya gan ( nomer 1 ) tapi biasanya kan kalo juragan pake modeling bangunan memang ada alasnya yah, hohoho...

lalu agan klik shadow di sketchupnya ( nomer 2) untuk menampilkan arah bayangannya, (nomer 3)

nah, agan ulik ulik dah tuh arah bayangannya terserah agan... bisa pake pengaturan waktu di shadow setting atau pake tool sollar north di su pro 8...


kalo udah agan seting bayangannya, agan matikan pun udah ngak masalah, karna udah terseting dan biar rendernya agak ringan.

nah, agan render dah...  jangan terpaku gambar atas gan, HDRI bisa dipake untuk semua arsitektur interior dan eksterior juga render produk gan...


tips dari ane gan,

saat pengambilan view, usahakan kamera jangan terlalu jauh dari objek , dan gunakan perspektif mata manusia,  soalnya gan, hdri itu ( terutama yang bola ) saat pengambilan gambarnya menggunakan kamera dengan tripod yang menyentuh tanah, jadinya, hdri akan bagus jika sudut pengambilan kamera saat di render hampir sama dengan posisi fotografernya....

jikan agan mau membuat render kawasan, HDRI tidak disarankan, kecuali agan punya file HDRI yang posisi kamera saat pengambilan gambarnya berada di atas langit,  atau pespektif mata burung , itupun ane blom pernah coba, cuma dari penerawangan aja, ho ho ho...hiaaaaaaaaa huuuuu aaaaaaaa

setingan HDRI udah lama aku pake, soalnya mudah dan cahaya yang dihasilkan realistik ,

semoga tutor yang aku buat dapat dimengerti dan bisa membantu para juragan yang lagi pusing mikirin HDRI.

salam buat orang di rumah, semoga sukses dan bahagia selalu. 

salam sayang, Yogie Supernova.

  

22 komentar:

  1. weh weh weh weh weh...
    si agan benar2 mantab neh...

    dah gag komen lgi ane gan...
    cukup masukan dikit tp wat blog ente gan..
    klo bisa ganti template yg area posting lebar gan biar gmbarnya enak dilihat gag peyang gitu hehehe...maap ya gan jd ikut campur hihihi....

    BalasHapus
  2. thanks masukannya gan.

    BalasHapus
  3. yo mai meeennnnnnnn,,,,,,mangstabbbbbsss.....

    BalasHapus
  4. ho ho ho... ini jurus pamungkas ane loh gan, jadi untuk tutorial render sampe sini aja yah...ho ho ho hookkkk...

    kagak tau deh kalo nanti ane dapat ilmu laen.

    BalasHapus
  5. mantab bgt tutornya, ane juga sering main ke sketchunesia, tp renderan ente super banget dah gila haha. keren pencahayaannya. ane biasa pake hdri, ada yg format hdr ada juga yg jpeg, tapi jarang pake intensitas, biasanya cuma main di camera iso sama shutter biar lebih terang, itu kekurangannya apa ya ? trus ane juga lemah di scene malem, itu biar bikin malem gimana ? apa harus ganti hdri yang gambarnya malem juga ? brarti berubah dong backgroundnya, thx ya

    BalasHapus
  6. wih,top deh.bahasannya menarik,pembawaannya juga oke gan.sukses!

    BalasHapus
  7. penjelasannya mantab thanks gan..bravo buat anda

    BalasHapus
  8. terima kasih gan... bahasa penjelasannya jelas banget... dosen ya?? wakakakaka....

    BalasHapus
  9. Matur nuwun pencerahannya gan.. muanteb tenan penjelasannya...

    BalasHapus
  10. gan shadow udah muncul tapi scene color model sama scene color HDRI ga match, solusinya gmna tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog pindah ke sketchuptutoriale.blogspot.com , maaf sebelumnya .

      Hapus
  11. ajibb....ajibbb tanxs bosss

    BalasHapus
  12. Thank Tutorialnya, bagus banget. Pencahayaannya benar-benar realistis dan saya akan coba HDRI untuk render sketchup saya. Mohon ijin Gan, boleh saya copas Tutorialnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog pindah ke sketchuptutoriale.blogspot.com , maaf sebelumnya .

      Hapus
  13. Mantap gan... super... tq dah..

    BalasHapus
  14. Mantap gan... super... tq dah..

    BalasHapus
  15. mantap ijin simpen mas bro

    BalasHapus