Sabtu, 15 Oktober 2011

Making Of Danbo Yogie 3D






Kata sambutan (?)
Bismilah, beberapa waktu yang lalu aku ikutan sebuah sayembara bertemakan danbo,
dan akhirnya punya kesempatan untuk ngebuat making of nya...

selamat membaca aja dah...^_^


Modeling
untuk modeling aku pake GOOGLE SKETCHUP 8 , salah satu software modeling cepat yang gratis, simpel, yang udah aku pake selama 10 bulan terakhir, dan bla bla bla...:D

pada scene ini semua model kecuali danbo aku model sendiri , :D
beberapa model organik di model dengan bantuan plugin ARTISAN / SDS2 , 

danbonya aku edit untuk mendapakkan gerakan yang hidup, dan bangunannya sendiri aku pake dari kerjaanku yang lama.

jadi, di scene ini 90% dibuat pake tanganku sendiri. :P  ( agak koplak dikit
)

modeling apel

Texturing
pekerjaan textur pada GOOGLE SKETCHUP cukup efisien dan ngak makan waktu banyak, dan untuk texturing pada model yang agak rumit aku pake plugin UV TOOLS .



Rendering
Untuk rendering aku pake VRAY FOR SKETCHUP 1.49.01 ,

tidak ada setingan yang istimewa, hanya menggunakan IBL System atau biasa disebut HDRI System. :D
sisanya hampir default :D


jadi, tidak ada satupun lampu yang dipake. :P :D

Postwork


Untuk editing pasca render , disini aku pake 5 channel ,

RGB, raw reflection, raw refraction , raw total light
dan z-depth untuk efek lens blur.

FINAL 


sebelum postwork


final image
.


ok , sekian saja yang bisa saya sampaikan , harap maklum masi banyak kekurangan di sana sini, semoga MAKING OF DANBO yang saya tulis ini bisa sedikit membantu anda. ^_^ ||

salam super .

Yogie Supernova.

12 komentar:

  1. mantep banget masbro..
    mantep referensi rendernya...

    mas bro.. bisa kasih tau dimana bisa dpetin hdri :D

    BalasHapus
  2. thanks gan, HDRI bisa ke openfootage.net

    BalasHapus
  3. hohooooh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, btw buat kyk punya suhu susahnya minta ampun

    BalasHapus
  4. saratnya,

    tidur cukup, olahraga teratur , banyak minum air putih ,makan tepat waktu.

    insayallah sehat.

    BalasHapus
  5. gan, post prosesnya gmn caranya? 5 chanelnya diapain ya gan? nubie nih heheheh

    BalasHapus
  6. kelima chanelnya di masking di potosop gan.

    BalasHapus
  7. ada tutorial buat bikin 5 channel di PSnya nggak suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, belum sempat bikin gan, ane juga diajarin.

      :bersih bersih blog

      Hapus
  8. Bismillah.
    assalamualaikum.
    salam kenal gan, ane baru kenal 3d sketchup, maka harus nimba ilmu ama agan ini.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog pindah ke sketchuptutoriale.blogspot.com , maaf sebelumnya .

      Hapus
  9. gimana cara dapet z-depth image ya ? biasanya cuma dapet yang raw refraction nih, itu tutor blurnya pakai z-depth gimana ? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog pindah ke sketchuptutoriale.blogspot.com , maaf sebelumnya .

      Hapus