Jumat, 29 April 2011

trik edit segmen pada benda tabung [sketchup] [ tanpa plugin ]



ini pengalaman saya dan mungkin anda semua juga pernah mengalami, ketika ngedonlod model dari gudang dan ternyata modelnya kualitas iseng (segmen dikit)




kali ini mungkin saya bisa ngebagi sedikit trik untuk memperbanyak segmen tanpa plugin, namun trik ini hanya bisa digunakan pada objek tabung ,misalnya kaleng , guci, piring dan sodara sodaranya.
 gambar di atas adalah model kaleng dengan segmen sedikit yang saya dapat dari gudang 3d sketchup
 cara pertama adalah dengan mencetak blueprint untu bisa digunakan kembali dengan cara memotong objek ,lalu memetakan potongan ,  klik kanan intersect> intersec with model (gambar atas)
 dan dapatlah sebuah blueprint (nomer 1), kemudian rapihkan blueprint dan potong jadi setengah (nomer2), (gambar atas)
 potongan yang setengah tadi , buat garis di bawahnya, lalu buat lingkaran dengan segmen terserah anda , semakin banyak segmen maka semakin halus objek dan semakin berat pula ukuran objek ( bisa macat komputernya gan )
 lalu gunakan tool follow me pada objek mengikuti lingkaran .
jadi deh , dan bisa ditambahin aksesoris pendukung

dan jadilah model kaleng yang baru dengan segmen yang lebih banyak dan lebih halus ,

[trik bisa diterapkan pada model lain, misalnya guci ,piring,cangkir,dan model lain yang bentuk daarnya tabung]

sekian tutorial dari saya semoga bisa membantu ,  sori kalo trik ini jadul dan udah banyak yang tau, aku cuma mau berbagi.

salam damai pissssss

tidur lagi ah..zzzzzzzzzzzzzzzzz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar